Social Icons

please share from my blog

Pages

Saturday, November 3, 2012

7 Gereja Terbesar dan Terluas di Dunia

7. Gereja Tritunggal Mahakudus di Portugal

Gereja Tritunggal Mahakudus adalah gereja Katolik Roma yang terletak di Shrine of Our Lady of Fatima di Fátima, Portugal. Gereja modern ini dibangun selama tiga tahun sejak tahun 2004-2007 dengan biaya 80 juta Euro. Dengan luas 94.000 kaki persegi, Gereja Tritunggal Mahakudus memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 9.000.

6. Liverpool Cathedral di Inggris 

Katedral Liverpool yang luasnya 104.000 kaki persegi ini adalah Gereja Katedral Inggris yang terletak tepat di pusat kota Liverpool, Inggris. Dibangun mulai tahun 1904 dalam gaya Gothic, kaum Revival menggunakan struktur yang didesain oleh arsitek Giles Gilbert Scott dan dianggap selesai pada tahun 1978. Menara katedral besar ini juga cukup tinggi, yakni 331 meter.

5. Basilika Our Lady of Lichen di Polandia

Basilika Our Lady of Lichen adalah gereja Katolik Roma yang terletak Polandia, tepatnya di kota Lichen Stary. Gereja seluas 109.000 kaki persegi ini adalah gereja modern yang telah dibangun sejak tahun 1994-2004 yang dananya berasal dari sumbangan para peziarah. Untuk menghormati Our Lady of Lichen juga dikenal sebagai Our Lady of Sorrows.

4. Katedral St John the Divine di New York City 

Katedral St John the Divine terletak di kota New York. Bagian dalam gereja Episkopal terbesar ini memakan hampir setengah blok kota. Katedral seluas 121.000 kaki persegi ini mulai dibangun pada tahun 1892 dan dibangun dalam gaya Gothic. Karena seringnya gereja ini direnovasi, orang-orang sering bercanda dan menyebut bahwa gereja ini masih belum selesai dibangun. Heheh.

3. Katedral Seville di Spanyol 

Katedral Seville adalah Gereja Katolik yang terletak di selatan Spanyol di kota Sevilla. Ia juga dikenal sebagai Katedral Saint Mary dari See. Gereja ini dibangun dalam gaya Gothic dari 1402-1511 dan dua kali sejak saat itu kubah telah diganti sekali karena gempa bumi. Di dalam Katedral besar Seville adalah 80 kapel dan sebanyak 500 misa telah dilangsungkan setiap hari. Disebutkan di katedral seluas 124.000 kaki persegi inilah Christopher Columbus dimakamkan di halaman gereja.

2. Basilika National Shrine of Our Lady of Aparecida di Brasil 

Basilika Nasional Our Lady of Aparecida juga merupakan gereja Katolik Roma dan terletak di Aparecida, Brazil. Bangunan seluas 129.000 kaki persegi ini pada awalnya dibangun pada tahun 1700-an tetapi karena Our Lady of Aparecida itu sangat populer, maka awal tahun 1955 bangunan itu diperluas kembali sehingga dapat menampung lebih dari 45.000 orang. Our Lady of Aparecida dianggap sebagai Santo Pelindung negara Brasil. Orang Brasil, utamanya para buruh banyak berdoa setiap harinya di basilika ini.

1. Basilika Santo Petrus di Vatican City

Nah, ini dia gereja terbesar di dunia. Ironisnya gereja terbesar di dunia justru terletak di negara terkecil di dunia. Terang saja, sebabnya adalah karena Kota Vatikan dianggap sebagai sebuah negara yang berdiri sendiri. Gereja Santo Petrus dibangun dari 1506-1626 oleh sejumlah arsitek yang berbeda termasuk di dalamnya Michelangelo yang khusus merancang bagian kubah. Basilika Santo Petrus adalah Gereja Katolik Roma dan dapat menampung sekitar 60.000 orang. Hal ini tentu salah satu bangunan paling terkenal di dunia dan salah satu yang paling sering dikunjungi wisatawan dan jemaat Kristen.

No comments:

Post a Comment