Social Icons

please share from my blog

Pages

Saturday, November 3, 2012

danau-danau terbesar di indonesia


Danau-danau terbesar di Indonesia ini merupakan artikel tentang daftar paling besar di Indonesia. Danau sendiri mempunyai pengertian sebagai cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air.
Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup saat memberikan sambutan di Konferensi Nasional Danau Indonesia I (Sanur, 13/08/2009), jumlah danau di Indonesia diperkirakan sebanyak 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).
Dari total jumlah tersebut, danau di Indonesia mampu menampung hingga 500 km3 air atau 72% dari total persediaan air permukaan di Indonesia. Daya tampung air yang cukup besar tersebut, danau menjadi andalan persediaan air untuk sektor pertanian, sumber air baku masyarakat, perikanan, PLTA, pariwisata dan lain sebagainya.
Daftar Danau Terbesar di Indonesia. Dari 1.575 danau besar dan kecil yang dipunyai Indonesia. Beberapa di antaranya mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga layak dianggap sebagai danau paling luas dan besar di Indonesia. Berikut adalah danau-danau terbesar di Indonesia dilihat dari luas permukaan, kedalaman, dan volume airnya.
  • Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba
Danau Toba (gambar wikipedia)
Danau Toba merupakan danau terbesar dan terluas di Indonesia, bahkan merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Pun menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan terdalam ke-15 di dunia. Berada di elevansi (ketinggian) 905 m, panjang danau Toba mencapai 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman mencapai 505 m pada titik terdalam mencapai. Luas permukaannya mencapai 1.130 km2 dengan volume air mencapai 240 km3. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau toba memiliki keunikan dengan keberadaan pulau Somosir di tengahnya.
  • Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung
Danau Ranau
Danau Ranau (gambar wikipedia)
Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Indonesia (berdasarkan volume air). Danau vulkanik ini terletak di kabupaten lampung Barat (Lampung) dan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Sumatera Selatan). Berada diketinggian 540 meter, danau ini memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125.9 km2, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km3.
  • Danau Singkarak, Sumatera Barat
Danau Singkarak
Danau Singkarak (gambar: kompas)
Danau Singkarak merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah datar, Sumatera Barat berada di elevansi 362 m. Danau Singkarak mempunyai ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km2. Kedalaman maksimalnya mencapai 268 meter dengan volume air mencapai 16,1 km3.
  • Danau Towuti, Sulawesi Selatan
Danau Towuti
Danau Towuti (gambar; kompas)
Danau Towuti merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Luwu Timur. Dengan luas permukaannya mencapai 561 km2 mengukuhkannya sebagai danau terluas kedua di Indonesia. Berada di ketinggian 293 m, mempunyai kedalaman maksimal 203 m.
  • Danau Matano, Sulawesi Selatan
Danau Matano
Danau Matano (gambar: matano-sorowako.com)
Danau matano terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi danau yang paling dalam di Indonesia, bahkan berada diurutan ke-11 dalam daftar danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimal mencapai 590 meter. Letaknya berada di ketinggian 382 meter dpl dengan luas permukaan mencapai 164 km2.
  • Danau Maninjau, Sumatera Barat
Danau Maninjau
Danau maninjau (gambar: wikipedia)
Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam (Sumatera Barat) pada ketinggian 459 m. Ukurannya, panjang 16 km, lebar 7 km, luas permukaan 99,5 km2, kedalaman maksimal 165 m dengan volume air 10,4 km3.
  • Danau Poso, Sulawesi Tengah
Danau Poso
Danau Poso (gambar: wikipedia)
Danau Poso merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pada ketinggian 657 m. Ukurannya panjang 32 km, lebar 16 km, dan luar permukaan 323 km2. Kedalaman maksimal 450 m dengan volume air mencapai 0.216 km³.
  • Danau Tempe, Sulawesi Selatan
Danau Tempe
Danau Tempe (gambar: wikipedia)
Danau Tempe yang terdapat di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dengan luas permukaan 350 km2 menjadi danau terluas kedua di Sulawesi. Sayang akibat sendimentasi, kedalamannya terus berkurang hingga kini tinggal sekitar 5 meter saja yang mengakibatkan volume air yang mampu ditampungnya pun semakin berkurang.
  • Danau Paniai, Papua
Danau Paniai
Danau Paniai (gambar: wikipedia)
Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Merupakan danau tektonik yang berada di ketinggian 1.742 m dpl dan mempunyai luas permukaan 195 km2 dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter.
Itulah kesembilan danau terbesar di Indonesia. Di lain kesempatan akan kami publish daftar danau terdalam dan daftar danau terluas di Indonesia dalam artikel tersendiri.

No comments:

Post a Comment